Menaklukan rasa takut

 Menaklukan rasa takut

(DN_Aini story from Ceylon)



Namanya "Kalu" dlm b. Sinhala yg berarti "hitam", anjing perempuan di Dept of law (jurusan kuliahku di SL)
Aku yg tdk terbiasa berinteraksi dg anjing. Di SL anjing berkeliaran dimana2, tak bertuan, berbeda sekali dg di Indonesia, kl di Indonesia yg berkeliaran tak bertuan itu kebanyakan kucing.

6bln pertama, jangan ditanya bagaimana reaksi dan ekspresiku setiap ketemu anjing. Berteriak minta tolong itu sering ku lakukan, smpai bnyak yg heran dg tingkahku yg tdk biasa, bahkan aku sering tb2 bersembunyi dibalik badan seseorang yg g aku kenal kl pas ketakutan. Aku baru tau jk kita sbg manusia merasa takut dg hewan, mereka bs merasakannya, alhasil anjing2 itu sering kali mendekatiku, seolah mereka ingin mengatakan padaku utk tdk takut, tp ada lho yg ngajak duel nah kl yg ini menyeramkan, kan suebel😏

Kebetulan diawal kedatanganku ke SL, aku tinggal di mbak Dita, keluarga mbak dita memelihara anjing utk menjaga rumahnya. Sejak anjingnya bs mengenaliku sbg penghuni baru, setiap aku pulang kuliah pasti anjingnya sdh menungguku, sering banget menjemput tnpa diminta, bahkan pernah membawa teman2nya utk mengawalku, jumlahnya 5 anjing besar. Rasanya sdh mau nangis, mau lari takut di kejar bs hbs nanti aku kl dikeroyok mereka🤣😂, jalanan sepi tdk ada yg bs dimintai tolong, berteriak pun g mungkin. Meskipun sdh komat-kamit baca doa, itu anjing2 tetep pd ngikutin dg santai dan bahagia.
Lama2 berbekal payung utk menghalau anjing biar g mendekat dg cr diayunkan payungnya tp bkn utk memukul, mulai berkurang rasa takutku, selanjutnya jd terbiasa ketika sdh bs jalan santai di sekitar anjing.
Ah Proses yg tdk sebentar.
Senjatanya payung 😁😇

Tp dg Kalu, anjing ini bd banget. Aku tuh g pernah ngajak main doi. Entah krn si anjing ini dasarnya ramah atau gimana. Kl aku lewat sering mendekat, kl lg jalan ditemenin, kl aku lg duduk disamperin mskpun disekitar bnyak org tetep aja ini anjing duduk di dpnku, anjing ini mengajarkanku memperlakukannya dg cara yg berbeda tdk sprt anjing2 pd umumnya, makanya aku g takut sm ini anjing. Bahkan seekor anjing pun bs menunjukan rasa cintanya.

Adakalanya kita merasa khawatir dan takut dg sesuatu hal karena tdk biasa, but its oke to become not oke, krn sgla sesuatu itu pasti ada prosesnya, ada pembelajarannya. Terus berusaha, pd saatnya akan ada hal yg membantu kita utk bs mencintai apa yg kita takutkan/khawatirkan sehingga rasa takut itu bs kita taklukan.

Peradeniya, ditulis pada 19 Oktober 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skripsi tentang pernikahan WNI dengan WN SL, terkait hak-hak anak

Apa saja yg perlu dipersiapkan untuk berangkat umrah?

The End of My Study Journey in Sri Lanka