Apa saja yg perlu dipersiapkan untuk berangkat umrah?

 Apa saja yg perlu dipersiapkan untuk berangkat umrah?

(DN_Aini pengalaman umrahku)



Aku berangkat umrah dr Indonesia pada 20-2-2020 sampai 28-2-2020, saat itu nemu info promo umrah di grup fb 'Ayo ke Mekah' di bulan Desember 2019 setelah beli tiket pulang dr SL ke Indonesia, ini bukan bagian dr promosi group y. karena aku hanya ingin berbagi pengalaman sj, saat itu aku&adekku (cowok), kami bayar sesuai dg harga yg ada di brosur yg di share di grup 20jt/orang, tapi salah satu temen kamarku dikenakan biaya 24jt (entah beliau daftarnya melalui siapa) & aku tdk tanya2 ke temen yg lain yg masih satu rombongan, itu jg kebetulan ibu2 yg sering bareng aku itu cerita sendiri. Aku br tau kl ternyata 1 rombongan, biayanya bs beda2. Dg biaya yg kubayarkan sudah all in, tidak ada perbedaan dg yg bayarnya lebih mahal sekian jt (dapet koper, bahan, tas, baju ihram, pengurusan visa, tiket pesawat Etihad, pokoknya sudah tinggal berangkat sj), fasilitas hotel oke&jarak ke Masjid Nabawi&Masjidil Haram yg kami dapat jg gak begitu jauh.
Sebaiknya kl mau daftar umrah, cari yg ngeposting dg brosur yg infonya terbuka&jelas (kemudian tanyakan prosesnya), krn aku jg gak paham dg org2 yg posting informasi umrah tp untuk memberi info detail harga&keberangkatan diminta chat di WA, yg tidak mau terbuka secara langsung di ruang publik yg diiklankan oleh ybs (aku lbh memilih menghindari informasi yg disampaikan dg cara demikian).
Untuk biaya saat ini, silahkan disesuaikan. Krn pasti berbeda.
Saat itu, info tambahan dr pihak yg ngurusin berkasku kasih tau, kl berangkatnya tdk dg mahrom, ada biaya tambahan 500ribuan, itu sj. Jd kl selisih agak banyak, mungkin seseorang mengambil keuntungan (who knows). Untuk vaksin meningitis bayar sendiri.

Aku hanya memberikan gambaran persiapan utk perempuan sj y, krn saat berangkat, bawaan adekku jauh lebih sedikit dr bawaanku (yg sebenarnya gak begitu bnyak jg)😅. Bawaan kami sbnrnya bisa masuk ke tas ransel yg sering kupakai kuliah😂
1. Meskipun perjalanannya 9 hari, bw pakaiannya gak perlu bnyak, krn bisa nyuci, jemuran bs kering 1 hari meskipun di jemur didalam kamar mandi. (3-4 gamis cukup)
Persiapkan saja baju gamis warna hitam (kebanyakan yg umrah pakainya wrn hitam), mukena (optional), sajadah, penutup tangan, kaos kaki tebal (kaos kaki ini perlu bngt dipake biar gak masuk angin, lantai masjidnya dingin semua)😂. Cadar hanya optional, saat melaksanakan aktifitas umrah pada waktu itu tidak diperbolehkan memakai cadar (seluruh aurat tertutup kecuali telapak tangan&wajah). Kurang paham kl sekarang, apakah hrs pakai masker.
2 . Untuk make up, ini tergantung orangny y. Aku sm sekali gak bw alat make up, hanya bw hand body supaya kulit gak kering, dan tender care lip balmnya Oriflame yg rose (pink) biar bibir gak kering&mengelupas (perlu rajin jg pakenya, tp lip balm ini cocok2an, jd disesuaikan sj dg kondisi kulitnya masing2) Cuaca di Madinah tidak begitu baik utk kulit&bibir, berbeda dg cuaca di Mekah
Ku kasih tambahan info supaya tdk bingung
Aktifitas selama di Madinah, kebanyakan itu ziarah&wisata religi, belum bs disebut umrah. Mau pake make-up&parfum pun boleh.
Sedangkan aktifitas umrah itu dilakukan saat perjalanan dr Madinah ke Mekkah & saat di Mekkah (selama aktifitas umrah, sebelum niat umrah dibacakan: tdk boleh pakai make up, tdk boleh pakai wewangian. Dan setelah niat dibacakan: pakai handsanitizer pun saat itu tdk boleh, sehelai rambut&bulu mata pun jangan smpai rontok).
Mutawifnya biasanya menjelaskan dg detail. Kl dirasa ada yg dilanggar krn lupa, cb tanyakan ke mutawifnya perlu bayar denda gak?
Saat itu aku lupa, saat mau makan aku pakai handsanitizer krn sudah terbiasa, akhirnya aku tnya mutawifnya apakah aku melanggar ketentuannya, supaya umrahku bisa sah, untung hanya diminta bayar denda sodaqoh 10 atau 20 riyal gt aku lupa atau 10 makanan bungkus. Krn ada denda berupa harus qurban kambing (ini aku lupa, jenis pelanggaranya apa y).
Ketentuan ini bukan dr mutawifnya atau negara Arab, tp itu termasuk rukun umrah nya. Jd gak bisa bohong, mau bohong pun Allah tau, krn kebohongan yg dilakukan jika melanggar, bohongnya bukan dg manusia, tp dg Allah.
Urusan umrahnya "sah atau tidak", hanya Allah yg tau.
Aktifitas serangkaian ibadah umrah di rombonganku saat itu, dilakukan smpai 3x (1hari 1x) durasi keseluruhan waktunya mungkin 3 jam-an atau lebih, aku agak lupa
3. Sepatu atau sandal jepit?
Menurutku ini senyaman yg memakai, tidak ada bedanya. Kl mau simple pilih salah satu aja, aku prefer sepatu, lbh nyaman saat digunakan utk jalan.
4. Bawa payung lipat
Adakalanya Madinah& Mekkah itu panas, kadang jg hujan
5. Gantungan baju
Bw secukupnya aja, 4 biji cukup. Di kamar hotel ada yg disediakan (jmlhnya gak bnyak si)
6. Peralatan mandi&nyuci
7. Bawa uang rupiah aja, uang rupiah msh diterima sbgai alat transaksi kok di sana. Kl mau tuker riyal mendingan di Madinah aja, rate harga belinya lbh rendah dr hrg beli riyal di Indonesia

Tambahan informasi kl mau sodaqoh kurma atau beli oleh2
1. Kl mau beli kurma, mending belinya saat di Mekah. Toko yg jual kurma ada beberapa, tp harganya di tiap toko beda2 selisihnya jg lumayan bisa 10-20 riyal, meskipun dg satu jenis kurma yg sama. Keliling tanya harga dulu aja gpp, kl penjaga tokonya ada yg nyindir2 gosah digubris, sebagian mereka memang agak julid😁. Bahkan di satu toko yg samapun, harga jual hari ini dg harga jual besok bs beda. Jd kl Nemu harga yg murah, besok kl beli lg, inget2 harga hari kemarin😂 nawar aja gpp hehe
Kl mau beli kurma muda, sediakan tambahan plastik kering. Kurma muda seringnya dijual dalam keadaan Frozen, jd kl mau di bw ke Indonesia, jd berair.
Untuk jenis oleh2 yg lain, aku gak paham harganya. Aku gak beli banyak oleh2, hanya beli kurma sekotak, beberapa roti "7", strawberry &kiwi (harganya murah😄), dan magnet kulkas.
2. Kalau mau sodaqoh kurma di Masjidil Haram. Berdiri saja di jalan menuju Masjidil Haram, kotak kurmanya dipegangin dg kedua tangan, gak perlu nawarin atau ngomong apapun. Orang2 yg lewat sudah paham&akan dg sendirinya datang untuk ambil, gak smpai 15 menit pasti sudah habis.

Nametag yg diberikan panitia rombongan, wajib dipkai kemanapun perginya. Terkadang ada polisi yg random ngerazia. Kl tdk bs tunjukkan identitas, bisa kena denda mahal atau di penjara.

Selama perjalanan ibadah di Madinah& Mekkah gak perlu baper y. Meskipun semua yg di sana, semuanya muslim, semuanya datang utk beribadah. Tp banyak yg gak mau ngalah. Ada 1 momen, aku mengeluh, saat di suatu masjid (aku lupa nama masjidnya), saat kami akan sholat Dhuha, waktuny tdk bnyak, tp bnyak yg tdk mau segera bergegas memberikan tempat ke yg lain utk gantian (hanya di tempat itu sj aku mengeluh), krn di tempat sekecil&seramai di Hijr Ismail pun, masih bnyak org2 yg bergegas, memberikan tempat ke yg lain utk jg merasakan nikmatnya beribadah di baitullah.
Dan.... tempat paling nyaman utk sholat di Masjidil Haram itu, di rooftopnya (tempat fav ku☺️). Selain pemandangannya indah, ada tempat wudhu, gak sedingin di dalam masjidnya. Kl mau peruntungan sholat wajib dekat Ka'bah, silahkan, krn tempat sholat dekat Ka'bah itu dpt tempatnya sulit, seringkali hanya laki2 yg boleh sholat di tempat itu (saat sholat wajib)

Selamat menunaikan ibadah umrah, untuk yg akan segera berangkat, merasakan Ramadhan di sana. Semoga kelak aku punya kesempatan itu jg.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skripsi tentang pernikahan WNI dengan WN SL, terkait hak-hak anak

The End of My Study Journey in Sri Lanka