Masjid di Sri Lanka

 Masjid di Sri Lanka (tepatnya si di Kandy&Colombo☺, di daerah lain aku kurang paham)

(DN_Aini story from Ceylon)



Gimana ngomongnya kl mau cari masjid/mushola di SL?
Mosque? Mushola? Atau apa?

Introduction dulu deh ya
Kebiasaan banget😅 salah 1 alasanku milih peradeniya university (di Peradeniya Kandy) krn di google, menampilkan foto masjid di kampusnya dibanding foto2 Univ SL lain yg gak ada fasilitas masjid
Jd ekspektasi ku itu saat di kampus bs sholat dg amn&nyamn
Tapi ternyata.... Masjid2 di SL itu memiliki aturan yg berbeda drpd masjid2 di negara2 lain yg pernah aku kunjungi



Pembangunan masjid di SL itu ada 2 kategori
1. Masjid/mushola khusus utk laki2 (termasuk masjid yg ada di kampusku), perempuan benar2 tdk bisa sholat di masjid tsb. Aku pernah punya pengalaman ini, bhkan sblm minta ijin sudah di stop g boleh masuk (untungnya saat itu pas lg gak sholat, hanya antar teman😁)
Islam di SL lbh mengutamakan perempuan sholat di rumahnya masing2, makanya jarang bgt ada masjid yg dibangun ada ruangan sholat utk perempuan
2. Masjid universal yg bs buat sholat laki2&perempuan (agak susah nemuinnya, tp ada)

Agak sulit menemukan masjid/mushola di SL (meskipun jmlhnya lumayan bnyak)
Kebanyakan org SL mskpun bnyk yg bs b.inggris tp saat ditanya tentang "mosque" Sangat jarang yg tau, bs dimaklumi dong ya, krn SL itu Buddhis country. Pernah ada tmn kelasku yg mengira aku tuh ibadahnya di "temple", krn dia g familiar dg penyebutan masjid (setelah di klarifikasi tentunya, biar g slh paham). Aku pernah dikasih tau, kl mau cr masjid di SL bilangnya " Muslim pali", tp pernah ku coba, tetep bnyk yg g paham jg. Solusinya, tanyalah pd org yg tepat.
Kl mau tanya masjid ke org SL, tanyalah pd org muslim, gini caranya
1. Tanya pd muslim perempuan. Lbh mudah mengenali perempuan muslim di SL, krn semua muslim di SL, semuanya 100% pke jilbab
2. Kl mau tanya laki2 muslim, carilah laki2 yg pakai peci. Krn yg pakai "sarung" blm tentu muslim. Org laki2 di SL bnyak yg pakai sarung (pakaian adat)

Bolehkah sholat di sembarang tempat saat di SL?
Saat th 2018, aku sering sholat dimana saja. Di taman umum pernah, di area air terjun yg saat itu sebelah kiri bnyak sesembak bule pd pakai bikini&sebelah kanan bnyk org pd teriak2 kegirangan (aku pernah sholat di tmpt sprt itu pd saat trip dg tmn2 kls, kbetulan 2wkt sholat hrs kuhabiskan disana&itu baik2 sj krn aku dijaga tmn2ku), di kereta&bus pernah, di ruang kelas sering bgt
Tp sejak th 2019, keadaan berbeda. Gak bs sholat di sembrang tmpt lg stelah kejadian bom. Bahkan mushola di kmps di kunci, di ruang kls pun kl ketahuan kena teguran (aku prnh hmpir ketahuan krn ada org yg hmpir masuk ke kls, untng wkt penjaganya masuk aku sudah selesai&sudah duduk manis smbil main  HP, jd saat ditanya aku jwb kl lg nungguin kls yg memang akn aku ikuti di ruangan itu)

Gimana cara taunya kiblat di SL kl gak ada kompas?
Utk perihal ini, msh bs tanya sm siapa sj. Tp jngan tanya arah kiblat atau arah barat kemana, 99,9% gak dpt jwbn psti. Tanyalah arah matahari terbit&terbenam, semua org pasti tau😉

Di bandara SL gak ada ruangan yg disebut mushola.
Saat di bandara SL atau saat bepergian, jk tdk menemukan tmpt sholat, sholat lah di tempat duduk yg ada atau di tmpt duduk di kendaraan.
Kl gak sreg, cb deh numpang sholat di tmpt/rmh org muslim (tp opsi ini blm pernah aku coba)

Tambahan
Sholat id (adha&fitri) pun berbd lho, ada sbgian masjid yg pelaksanaan sholatnya terpisah. Jd perempuan sholat jam 7pg, nnti yg laki2 sholatnya jam 8pg. Tp ada jg yg serentak dilakukan bersamaan (laki2&perempuan sholat bersama) jam 9pg (jangan tnya suasananya gimana, sepi banget shof prmpuan cm 1baris g nympe 10 org😅)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skripsi tentang pernikahan WNI dengan WN SL, terkait hak-hak anak

Apa saja yg perlu dipersiapkan untuk berangkat umrah?

The End of My Study Journey in Sri Lanka