Caraku Mengatur Keuangan Ala Mahasiswa Beasiswa


Menabung dan berhutang pada diri saya sendiri


Sblm brngkat ke Sri Lanka, pesan ibuku adl aku hrs mampu memiliki tabungan min 6 bln ke dpn utk brthan hdp di negara org, sebisa mngkin tdk boleh memiliki hutang uang dg siapapun dan tdk akn pernah ada kiriman uang dr keluarga di Indonesia krn ini adalah konsekuensi atas pilihanku, begitulah orang tuaku mengajarkanku utk bertanggung jwb pd pilihan dan diri sndr
6bln pertama cukup berat membagi bekal uang yg dibw dr Indonesia mskpun ada tmbhan uang bulanan beasiswa krn awal kedatangan banyak hal yg hrs dibeli, mnysuaikan kbthan dan yg paling susah kl ada sesuatu yg terlihat "lucu" menggoda utk dibeli dan biaya hdp di SL mnrtku lbh mahal jk dibandingkan dg biaya hdp di kotaku di Indonesia. Jd 6bln pertama bs diktkan uang blnn yg di dpt dr beasiswa "pas" saja utk hdp sebulan

Aku dpt uang bulanan beasiswa 30rb rupees. Beginilah caraku mengatur keuangan
1. Uang bulanan 30rb rupees aku hrs membaginya menjadi 2 bagian, 15rb utk biaya hdp (kos sebulan 5rb dan sisa 10rb kugunakan utk biaya makan, transportasi dll yg berkaitan dg perkuliahan). Yg pernah atau saat ini tinggal di SL pst paham bgmn hrs bnr2 bs cukup dg uang 10rb utk biaya hdp krn ini tdk mudah fergusooo. Dg uang sisa dr biaya hdp menu makanku standar pada umumnya nasi, lauk pauk (ayam,daging sapi, telur) hrg daging sapi lbh murah daripada tahu di SL dibandingkan hrg daging di Indonesia, sayur dan buah. kl aku msk sndr kecukupan gizi pasti bs terpenuhi drpd membeli di luar, krn kl beli di luar lebih mahal dan rasanya kurang cocok di lidah dan perutku, makanya aku memilih masak sendiri.
Agaknya impossible dg sisa uang 10rb menu mknku bgni 3x sehari, mungkin iya. Jd aku sll menyetok bhn mknn yg pd saat blnja di pasar hrgny sdng murah krn setiap hr hrg bhn mknn di pasar berubah2 dan aku sering berburu diskonan.
Hrs bs menahan dan memilah mana yg urgent utk dibeli. Dan hrs tebal telinga kl ada yg melabeli terlalu perhitungan, pelit dll. Aku hnya sdng berhemat dan seandainya aku tdk punya uang, toh orang lain jg blm tentu bs memahami kondisiku, apalagi kl ada hutang dg org lain, aku khwtr jd artis dadakan yg digosipin wkwkwk
Bahkan aku lbh sering memilih jln kaki ke kampus dr kos, selain menghemat pengeluaran jg bkin sehat di badan wkwkwk
Dan.....jangan lupa utk bersedekah, berapapun nominalnya. Aku merasakan sndr berkahnya, shngga bgmn aku dicukupkan Alloh utk mengatur biaya hdpku
2. 15rb rupees sisanya masih kubagi lg menjadi 3 bagian. Utk tabungan, utk liburan atau membeli sesuatu yg tdk bs mnggnkan biaya hdp, dan utk Qurban setiap tahunnya (aku Qurbannya tetap di indonesia)
Membagi uang bulanan 15rb rupees utk biaya hdp itu tdk mudah. Aku jg masih sering kehabisan uang sblm akhir bulan. Krn ibuku sdh berpesan bhw aku tdk boleh berhutang kpd orang lain. Jd caraku berhutang saat khbsan uang biaya hdp adlh berhutang dg uang tabungan yg aku punya dan aku jg hrs konsisten utk mengembalikannya mskpun tdk mdh jg sih utk mengembalikannya tp aku tetap harus tegas pd diri sndr dan supaya uang tabunganku tetap terisi jd tdk ada kekhawatiran jk tdk punya uang
Mngkin aku terkesan menyiksa diri tapi aku justru enjoy dan happy menjalaninya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skripsi tentang pernikahan WNI dengan WN SL, terkait hak-hak anak

The End of My Study Journey in Sri Lanka

Kumandang takbir pertama Hari Raya Idul Adha ku di Kandy, Sri Lanka