Behind the story prjlanan umrahku.

Kalau Allah sudah panggil, Allah juga yg akan jamin

Keinginan utk berangkat umrah mulai ada sejak februari 2016, ketika aku kerja di semarang, siang itu saat keliling pabrik utk internal audit tiba2 aku pengen banget umrah, sorenya dapat kabar dari tanteku kalau beliau dan suaminya akan berangkat umrah dalam waktu dekat. Dalam hati aku bahagia sekaligus iri. Pulang kerja aku langsung kalkulasi uang tabunganku yg seharusnya aku gunakan utk biaya kalau aku lolos beasiswa ke LN sayangnya aku gagal th itu, tabunganku masih kurang bnyk kl utk umrah, sebulan kemudian aku kepincut liburan ke LN, jadilah uang tabungan itu ku hbskan utk liburan ke Jogja, Malaysia, Singapore, Batam, Jakarta smpai balik ke Semarang lg sendirian pas di hari libur krj lebaran idul fitri. Setelah itu aku resign dr krjaan, pindah ke Batam. Saat perjalanan ke Batam itu aku smpt berantem sm tanteku, pokoknya aku pngn umrah sndr. Wkt dpt krjan di Batam, aku nabung lg buat persiapan kuliah, lp nabung buat umrah, dan aku gagal beasiswa lg, stlh itu aku resign lg. Balik ke rmhku di Batang, uang tabungan hbs lg utk beli apa sj yg sdh aku tunda slma bbrp bln. Dpt krjaan di Batang, nabung lg buat beasiswa ke LN, g berhrp bnyak, tp alhamdulillah aku akhirnya lolos beasiswa ke SL akhir th 2017.

Stlh dpt info kl umrah dr SL itu biayanya lbh mrh kira2 setengah biaya umrah keberangktn dr Indonesia, aku mmbw smua perlengkapan umrah dr Indonesia sblm brngkt ke SL krn optimisku bs umrah dr SL dan jg meminta restu dr ibuku jk smpai 2th aku tdk pulang berarti uang tabunganku kugunakan utk umrah dr SL, pesanku. Sebulan di SL aku mulai kalkulasi biaya hdp dan persiapan tabungan utk umrah, aku jd semangat nabung lg, targetku 1th nabung dr uang beasiswaku yg sdh aku kurangi utk biaya hdp cukup buat umrah, setahun itu aku ngirit dan super pelit sm diriku sndr hehe, trnyta ada hal tak terduga, tabunganku hrs kuambil lumayan bnyak utk beli laptop lg krn laptop yg br aku beli&bw dr Indonesia rusak. Rencana umrah ku tunda sktr 2-3bln smbil mantengin biaya dr pihak travel&menyamakan dg libur kuliahku.
Aku bahkn curht dg teman kuliahku di UGM dl, namanya Lana stlh lihat poto profil dia di Line, dia blng sjk lulus dr UGM hmpir tiap th dia pergi umrah, dia saranin aku buat bc kalimat “labaikallahumma labaik” setiap selesai sholat, tentu saja saran baik itu kuikuti sembari membayangkan aku membca kalimat itu di dpn ka’bah.
Akhir th 2018 aku iseng2 ke travel umrah di SL, trnyta aku g bs brngkat umrah dr SL tnp muhrim.
Aku nangis di dlm bus perjalanan ke kos pdhl tabunganku sdh hmpir cukup. Smpai di kos, aku telp adekku utk curhat. Keinginan utk umrah di hr itu sdh pudar, jd kuubah rencana, aku ngajak adekku utk patungan biayain umrah ibuk sj utk diberangkatkan th 2020. Adekku setuju.

Sblm akhr th 2019 uang tabunganku blm cukup utk patungan biaya umrah ibuk, aku pun curhat lg sm adekku utk menunda smpai pertengahan 2020. Adekku malah bilang kl th 2020 dia mau umrah sendiri, yg bikin aku marah ke dia skligus iri. Pdhl kan aku yg punya niat duluan, kok malahan dia yg mau berangkat duluan, aku protes ke adekku, dg sabar dan lembutnya adekku blng "mbak, bnyakin sedekah dan sholat tahajjudnya yg lengkap smpai witir" ini anak kayak paham aja, kl aku cm sholat tahajjud 2 rakaat itupun sdh mepet subuh. Sjk itu aku bngun lbh pagi, ngadu sm Allah ketidak relaanku.

Pas akhir th 2019, lelahnya aku gegara nge-print tgs kuliah yg entah sdh brp kali dr pg-siang g ada yg bener, tmpt print di kampus kl g rame ya lg rusak, capek keliling kampus yg segede gaban cm buat cr tmpt print buat nge-print selembar kertas doang. Aku ngeluh sm diri sndr, rasanya kayak lg sya'i (hiburku dlm hati). Stlh slsai dg perihal pengumpulan tgs, aku ksh reward ke diri sndr ke mall. Tb2 kefikiran iseng cek hrg tiket buat balik ke Indonesia, aku pun kepincut buat beli PP mskpun mlmny aku kayak br sadar berasa seharian kehipnotis beli tiket, smlman aku g tdr mikirin gmn caranya aku bs dpt balik duitku dr tiket balik ke SL krn aku pengen liburan ke Thailand jd tiket balikknya pengen kuubah, pdhl 2hr brikutnya aku ada ujian dan aku g belajar gegara stress dg tiket yg g bs kuapa2in.

Kurang dr seminggu sjk beli tiket aku iseng cek jadwal keberangkatan umrah lengkap dg biayanya di sebuah grup FB, nemu doong dan hrgnya lumayan murah drpd estimasiku sblmnya, aku hubungin adekku dan yakinin ibukku tp sayang bgt ibukku blm mau di umrahkan krn adekku yg paling kecil blm bs ditinggal. Wkt sholat maghrib aku negosiasi sm Allah kl aku pengen umrah, semoga adekku mau bayarin aku dulu (hutang), krn aku tdk bs melakukan transfer ke Indonesia. Sensasinya mau hutang itu kayak naik roller coaster, bikin deg2an luar biasa, karena aku gak pernah berhutang dg keluargaku dan hutang adalah perihal yg sangat aku hindari. G ada alasan apapun, adekku lngsung iyain mskpun dia blng kl uang yg dia pegang msh blm cukup kl utk bayarin 2orang, dan kami sepakat utk bersedekah semampu kami. 4hr kemudian adekku kabarin, uangnya pas buat bayar umrah buat 2org, langsung book seat hr itu jg, tapi.... Aku hrs reschedule tiket kembali ku ke SL, godaan beratttt. Mau g mau aku reschedule tiket kembali ku ke SL yg bertabrakan dg kembalinya perjalanan umrah. Masih pakai drama nangis krn biaya tambahan reschedule itu sebulan biaya hdpku di SL drpd tiket hangus atau beli baru yg hrgnya jg sm sj bhkn sdh lbh mahal, tp kulakukan jg mskpun setengah hati, smpai aku smpt berfikir mau nyerah aja g jd berangkat umrah, tp adekku sdh terlanjur bayarin umrahnya ke pihak travel. Suara hatiku menguatkan "kl Allah sdh panggil, Allah jg yg akn jamin". Blm ada seminggu aku reschedule tiket balik ke SL, dpt kabar dr pihak travel kl keberangkatan umrah nya diajukan 1minggu ke depan. Sdh g tau sedih dan rasa kesal ku kayak apa, kl kejadiannya sprt itu hrsnya aku g perlu keluarin tambahan biaya utk reschedule tiket. Curhat lg ke adekku smbil nangis, aku kl sdh stress memang gampang nangis. Adekku dg sabarnya nenangin aku yg jadinya aku tuh bukan kayak mbaknya dia tp jd kayak adeknya dia. Adekkupun cerita tentang 4hr dia bs dptin uang buat bayar umrah kami yg jumlahnya itu bnyak bgt hampir separuh biaya yg kami bthkan utk berangkat ber-2, benar2 rejeki dr Allah yg tdk kami sangka, sprt keajaiban penggantian sedekah yg kami lakukan dlm 4hr ktk itu pdhl yg kami keluarkan tdk banyak. Adekku menguatkanku utk lbh bnyak berdoa spya perjalanan kami lancar dan dimudahkan. Malu kan sm Allah kl msh bnyak ngeluh dan drama queen hehe.

2 minggu sblm plng ke Indonesia, aku smpt kefikiran dan brhrp banget temen kuliahku di UGM yg namanya Abil, dia saat ini sdng kuliah di Turki. Entah knp aku brhrp bgt dia sdng umrah saat itu, krn 2 kali ktk dia umrah, aku melewatkan kesemptn utk titip doa. Iseng2 bk IG, liat dia posting poto di Madinah, lngsung deh aku ngcir WA dia tnp basa-basi, alhmdulillh bgt dia memang lg umrah, jd aku bs titip doa.

Sampainya di Indonesia ketika kami suntik meningitis, adekku cerita lg kl dia hampir dibiayain umrah gratis dr tempat dia kerja sbg reward, tp sayangnya adekku sdh daftar umrah dg ku lbh dulu, pdhl berangkatnya 1minggu lbh awal dr jdwl keberangkatan umrah kami. Dlm kondisi ini gantian aku yg nguatin adekku kl rejekinya dia umrah itu berangkat sm aku, insya Allah, Allah yg akan ganti kebaikan dan kesabaran dia.
Rejekiku pun rasanya sprt mengalir ketika di rumah, smpai aku bs ganti uang adekku mskpun blm lunas. 

Alhamdulillah kami berdua pun berangkat umrah dg lancar dan banyak hal2 baik serta ijabah nya doa kami selama kami di Baitullah.
Hr terakhir setelah kami melaksanakan thawaf wada (thawaf perpisahan sdh menyelesaikan ibadah dan akan kembali ke negara masing2) , kami dpt kabar pd hr itu kl Saudi Arabia mengeluarkan larangan dr seluruh negara di dunia berkunjung utk melakukan ibadah umrah. Kl sj keberangkatan rombongan kami tdk diajukan, hr pelarangan itu adalah hari seharusnya kami baru saja akan berangkat. 
Haru bercampur tangis, aku tdk bs membayangkan perasaan org lain, yg ku fikirkan adalah diriku sendiri betapa perjalanan ibadah ke Baitullah utk umrah/haji adalah benar2 panggilan Allah. Jika sj keberangkatan ku tdk diajukan, aku tdk tau bgmn sedihnya aku jk tdk berangkat dan masih ada sebagian biaya yg hrs aku kembalikan ke adekku. Rasa syukurku bertambah krn stlh 2th di negara org, aku tdk hanya diijinkan Allah utk pulang tp jg diberikan hadiah utk umrah dg saudara kandungku.
Inilah alasan terbesar ku menyembunyikan rapat2 perjalanan umrahku dr banyak org. Bkn tidak mau dititipi doa, krn aku memiliki ketakutan jk Allah berkehendak lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skripsi tentang pernikahan WNI dengan WN SL, terkait hak-hak anak

The End of My Study Journey in Sri Lanka

Kumandang takbir pertama Hari Raya Idul Adha ku di Kandy, Sri Lanka