Caraku belajar menghafal Qur'an dengan metode 1-1-7-30


Jadi metode 1-1-7-30 itu begini
1 halaman. 
menghafal per 1 halaman. Kalau sudah punya hafalan beberapa ayat dalam 1 halaman atau di hari sebelumnya sudah menghafal seluruh ayat dalam 1 halaman itu, aku ulangi hafalan dengan cara di rekam, setelah selesai aku dengarkan rekaman sambil mengoreksi kalau ada kesalahan aku tandai, setelah nya direkam&diulangi lagi sampai benar semua. Hafalan 1 halaman ini juga aku baca pada saat sholat, kira2 durasi bacaan hafalan 1 halaman 2-3 menit.

1 ayat. 
setiap bergnati ke halaman baru, aku menghafalnya 1hari 1ayat.

Dibaca 7 kali. 
cara menghafal 1 ayat itu aku bagi disetiap tanda waqaf (pemberhentian) karena dalam 1 ayat seringnya ada beberapa tanda waqaf, nah aku baca penggalan ayat itu sampai 7 kali, setelah itu baru dihafalkan. Kemudian diulangi terus sampai dalam 1 ayat itu benar2 hafal.
Kalau sebelumnya sudah punya hafalan ayat yang lain, hafalannya dibaca lagi lalu digabungkan dengan hafalan ayat yg baru. 

30 menit
dalam sehari aku hanya menggunakan waktu 30 menit untuk mengulangi hafalan di hari sebelumnya, menghafalkan 1 ayat baru, dan mengulang seluruh hafalan 1 halaman yang baru diselesaikan.

Dalam sehari hanya meluangkan waktu 30 menit saja, kalau tiba2 males, aku bilang sama diri sendiri "aku kuat lho 1 jam buka FB padahal gak ngapa2in, masa' buat hafalan 30 menit gak bisa?" atau "ini bisa lho rebahan lama2 atau bikin tulisan seperti ini bs lebih dari 30 menit, masa' hafalan 30 menit gak bisa?"
Seiring hari2 berlalu jadi surprise, dari meluangkan waktu 30 menit sehari, gak terasa jadi punya hafalan Qur'an beberapa halamam atau bahkan beberapa juz. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skripsi tentang pernikahan WNI dengan WN SL, terkait hak-hak anak

The End of My Study Journey in Sri Lanka

Kumandang takbir pertama Hari Raya Idul Adha ku di Kandy, Sri Lanka