Belajar mengelola keuangan sejak usia dini (kecil)



Dimulai dr sblm aku msk TK, ibuku lbh sring mmblikan aku celengan yg bntknya lucu2 yg terbuat dr plastik(bebek, tas buah: 2 celengan ini msh ada smp skrng) & jg bentukan tanah (ayam, kendi) drpd mainan lainnya, tp pd saat usia itu, celengan2 itu jarang terisi.
Ktk aku SD kls 4, ibuku mulai agk tegas, stiap aku ingn beli tas br, aku hrs nabung dr uang saku ku yg dibrikan stiap hr, di sklh SD ku ada sistem tabungan yg dititipkan ke wali kls yg bs diambl saat akn kenaikan kls, kl rajin nabung y lmyn😇 mskpn sekali nabung cm 500-1000 rupiah😁dr uang itu aku bs beli tas&sepatu br bhkn sepeda.
Saat SMP ibuku lbh ketat lg, stiap aku ingn baju br, hrs beli dg uang sndr kecuali baju lebaran. Pertama kalinya aku nego ke ortu utk mmbrikan uang sakuku 1minggu sekali. Sjk ini aku lbh semangt mengelola keuanganku.
Berlanjut wkt SMA, krn ayahku krja di lain pulau, akhrnya aku dibuatkan ATM & uang saku ku ditransfer 1bln sekali, uang saku ku g bnyak wkt itu, hny ckp utk beli sepiring nasi+es teh di kantin sklh😅 kl pngn jajan yg lain aku g bs beli nasi atau kl ada tgs yg hrs keluarin uang aku hrs merelakan uang jajanku🙃. Ibuku msh ksh uang saku jg setiap hr tp hny ckp utk beli bensin motor seminggu kl ditotal, tiap libur sekolah aku g diksh uang saku. Beruntungnya aku msh ada Nenek, Budhe, dan tanteku yg kadang2 msh ksh aku uang. Sjk SMA klrga ku tdk prnh mmblikan aku baju lebaran, mrk hnya mmbrikan ku uang seharga baju lebaran yg tdk prnh aku belikan, uangnya sll aku tabung. Yg kemudian uang tabungan yg tdk bgtu bnyak itu bs mnjdi bekal ku di perantauan ktk aku kuliah di Jogja (UGM).
Kuliah di UGM bnr2 sngt menguntungkan, ada bnyak sekali beasiswa, pd saat th ku persyrtnnya tdk terlalu sulit & bnyk kepanitiaan acara yg dibayar. Uang kuliahku dibiayai olh beasiswa sdngkan biaya hdpku dr kerja part-time & rejeki2 yg tdk terduga. Selama kuliah di jogja itu, aku sdh tdk menggantungkan keuangan dr keluarga, kecuali biaya wisuda ku sj&ktk ada panggilan darurat utk pulang ke rumah. Mereka mlkkn itu bkn krn tega dg ku, aku sndr yg memilih cara ini. Bahkan ktk pertama kalinya aku ke luar negeri utk menjadi peserta youth Symposium di Hong Kong, sejumlah uang yg aku bw semuanya dr hsl mengajukan proposal ke berbagai lembaga&perorangan. ortuku tdk tau, aku mmberi tau stlah aku kembali ke Indonesia. Sejujurnya diberikan pilihan&memilih utk mengelola keuangan sndr sering mmbuatku ragu, takut tdk mampu, tp smuanya bs aku lalui dg baik.
Pd saat bekerja, aku lbh bnyk mengambil hikmahnya, sngt berterima ksh kpd ibuku yg sdh mengajarkanku mengelola keuangan sjk aku kecil. Jd aku bs memilih hal2 penting utk dibeli & mengabaikan yg tdk perlu. Pengalaman ke Hong Kong jg mnjd pljrn berharga, ckp sekali itu aku mengajukan proposal keuangan ke org lain. Kl aku ingin prg liburan bhkn smpai ke negara lain, aku hrs menggunakan uang tabunganku sndr. Smua sponsorship ku itu sngt baik, tp aku malu dg mereka sekaligus aku ingin sprt mereka yg bgtu ringan dlm mmbrikan bantuan.
Yg menjdi pertimbangan bsrku ktk aku mengirimkan pndftran beasiswa utk terakhir kalinya ke Sri Lanka, krn pd saat itu aku ykin, aku mmliki lbh bnyk wkt utk menabung jk aku lolos, krn aku tdk akan meminta biaya dr ortu&keluarga, pd saat itu aku jg msh aktf bekerja di perusahaan. And here i am, i did it. Bs berangkat ke SL utk mmbyr smua keperluanku diawal dg menggunakan seluruh tabunganku sndr. Selama 3th berjalan ini, aku smkin "di mampukan" utk mengelola keuanganku, bersyukur slma kuliah di negara ini aku bs berkurban setiap th dan th 2020 ini ktk Allah panggil aku utk umrah, uang yg aku gunakan adl dr tabungan beasiswa ku disini.
Uang bulanan beasiswa ku di SL tdk sebanyak dibandingkan dg di negara lain, biaya hdp di SL jg lumayan tinggi. Aku bs mengelola keuanganku dg baik krn aku selalu meminta kpd Tuhan utk "dicukupkan & dimampukan",  dan aku jg meminta kpd-NYA bhw apa yg sdh ibuku ajarkan pdku sjk kecil tdk pernah aku sesali atau menjadi sia2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skripsi tentang pernikahan WNI dengan WN SL, terkait hak-hak anak

The End of My Study Journey in Sri Lanka

Kumandang takbir pertama Hari Raya Idul Adha ku di Kandy, Sri Lanka